Friday, September 16, 2011

Pingin Diet, Perlukah Minum Susu?

DIET yang baik untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan tetap mengkonsumsi makanan lengkap dengan gizi seimbang, namun jumlah kalori total dikurangi dan disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas tubuh Anda.
Meskipun Anda menjaga makan Anda, namun jika asupan gizinya tetap lengkap (mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral) maka sebenarnya Anda tidak perlu lagi menambahkan asupan vitamin dari luar karena sebenarnya tubuh hanya membutuhkan vitamin dalam jumlah kecil untuk menjalankan fungsinya di dalam tubuh.

Kebutuhan vitamin sudah mampu dipenuhi melalui makanan dengan gizi seimbang yang dikonsumsi sehari-hari. Sayang sekali Anda kurang memaparkan jenis makanan yang Anda konsumsi saat sedang dalam program diet, sehingga sulit untuk memutuskan kebutuhan vitamin Anda. Namun, disarankan agar Anda melakukan diet yang sehat agar kebutuhan gizi Anda tetap terpenuhi.

Susu sebaiknya tetap Anda konsumsi setiap hari, meskipun Anda telah berada di usia produktif. Susu merupakan makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang sangat vital bagi tubuh. Beberapa penelitian di Belanda menyebutkan, perempuan yang mengonsumsi tiga gelas susu sehari maka massa tulangnya akan lebih baik dibandingkan dengan yang tidak minum susu.

Studi lain memaparkan, perempuan menopause yang sejak kanak-kanak meminum susu memiliki tulang yang lebih kuat. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami peningkatan berat badan akibat mengkonsumsi susu setiap hari karena penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet rendah kalsium memiliki risiko dua kali lipat akan menjadi overweight bila dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet tinggi kalsium.

Hal tersebut terjadi karena diet tinggi kalsium akan membantu membakar energi melalui panas, sedangkan diet rendah kalsium justru akan menyimpannya menjadi lemak dalam tubuh kita.(kdc)
http://www.radartarakan.co.id/index.php/tab/detail/Kesehatan/4

No comments: