Saturday, July 28, 2012

Ketiak 'Gundul', Risiko Kesehatan Mengancam

HANYA gara-gara nggak pede saat mengenakan pakaian yang memamerkan lengan indah kita dan risih dengan bau badan tak sedap dari ketiak, kita rela mencukur habis bulu ketiak kita.
Mungkin terdengar sepele, namun tahukah Anda jika mencukur habis bulu ketiak berisiko buruk bagi kesehatan kita.
Bulu ketiak adalah rambut yang tumbuh di ketiak dan sangat berguna untuk melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh, ini disebabkan pada ketiak terdapat kelenjar limfa yang memudahkan transportasi racun dari luar tubuh ke bagian dalam tubuh, terutama payudara, karena letak ketiak sangat berdekatan dengan payudara. Kemungkinan transportasi racun kebagian tubuh lainnya juga dapat terjadi, sehingga dengan tidak adanya bulu ketiak memudahkan tumbuhnya kanker di bagian tubuh lainnya, seperti paru-paru, jantung dan otak.
Dengan mencukur bulu ketiak, maka di ketiak akan banyak timbul luka yang tidak dapat dilihat oleh mata, serta pori-pori yang ada di daerah ketiak akan membesar. Ini yang memungkinkan racun dan zat kimia dari berbagai produk deodorant, bedak dan krim dengan mudah menembus kulit. Pemakaian deodorant antiperspirant akan lebih mempermudah racun masuk ke dalam kulit, karena antiperpirant dapat mencegah pengeluaran keringat yang bisa membantu melenturkan racun yang masuk. Dan racun yang masuk tersebut tertimbun di dalam tubuh, sehingga dapat menimbulkan kanker.
Menghilangkan bulu ketiak dengan cara apapun seperti waxes atau mencabutnya tidak ada bedanya, sama besar risikonya dalam meningkatkan kerentanan terhadap kanker, Tetapi mencukur adalah risiko yang paling besar, karena kemungkinan timbulnya luka-luka pada ketiak akan menjadi lebih besar, namun dengan cara lain sepereti waxes atau mencabutnya justru akan memperbesar pori-pori pada ketiak.
Dalam hal ini, wanita lebih berisiko tinggi terserang kanker payudara dibandingkan dengan pria. Dan salah satu penyebabnya adalah wanita lebih senang atau lebih sering mencukur bulu ketiaknya, hanya karena alasan kotor, bikin bau atau alasan mode, sedangkan pria akan lebih bangga kalau bulu ketiaknya tumbuh dengan subur.
Bulu ketiak yang tersembunyi dan dianggap sebagai organ yang menjijikkan, ternyata besar artinya bagi kesehatan. Jangan pernah mencukur bulu ketiak, karena dibandingkan dengan manfaatnya, bahayanya jauh lebih besar.(kdc)

No comments: